Pages

Jumat, 24 Februari 2012

Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar di Kalangan Pelajar

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyusun karya tulis ini tanpa suatu halangan apapun.
            Karya Tulis ini disusun untuk memenuhi nilai tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia ,disamping itu penyusun berharap agar karya tulis ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembacanya agar dapatmengetahui tentang Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar di Kalangan Pelajar .
            Penyusun juga ingin  megucapkan terimakasih kepada :
1.      Bapak Drs. H Tri Sugiharto selaku pelindung .
2.      Ibu Tiwuk Rahmawati Spd selaku guru pembimbing .
3.      Semua pihak yang telah membantu terselesaikannya karya tulis ini .
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna , oleh karena itu penyusun mengharap kritik dan saran dari pembaca sehingga dalam pembuatan karya tulis lainnya menjadi lebih baik lagi.Semoga karya tulisini dapat bermanfaat bagi kita semua.

 
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………  I
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………… II
BAB I
PENDAHULUAN
1.1           LATAR BELAKANG MASALAH …………………………………………………..  1
1.2           RUMUSAN MASALAH……………………………………………………………… 2
1.3           TUJUAN PENULISAN……………………………………………………………….  2
1.4           MANFAAT PENULISAN……………………………………………………………   2
1.5           LANDASAN TEORI………………………………………………………………….  3
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
2.1  Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar di Kalangan Pelajar …………………………………………………………………. 5
2.2  Alasan para pelajar lebih menyukai Bahasa Gaul daripada Bahasa Indonesia…………….  6
BAB III
PENUTUP
3.1  KESIMPULAN…………………………………………………………………………….  7
3.2  SARAN…………………………………………………………………………………….  7
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………….  8


Bab I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
           Istilah bahasa baku telah dikenal oleh masyarakat secara luas. Namun pengenalan istilah tidak menjamin bahwa mereka memahami secara komprehensif konsep dan makna istilah bahasa baku itu. Hal ini terbukti bahwa masih banyak orang atau masyarakat berpendapat bahasa baku sama dengan bahasa yang baik dan benar. “Kita berusaha agar dalam situasi resmi kita harus berbahasa yang baku. Begitu juga dalam situasi yang tidak resmi kita berusaha menggunakan bahasa yang baku”. (Pateda,1997 : 30).Slogan “pergunakanlah bahasa Indonesia dengan baik dan benar”,tampaknya mudah diucapkan, namun maknanya tidak jelas. Slogan itu hanyalah suatu retorika yang tidak berwujud nyata, sebab masih diartikan bahwa di segala tempat kita harus menggunakan bahasa baku.Atau mereka masih selalu dipengaruhi oleh bahasa daerahnya jika mereka berbahasa Indonesia secara lisan.
Terakhir dibahas tentang ciri-ciri bahasa baku dan bahasa nonbaku, serta berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.


Berdasarkan analisis situasi pernyataan diatas,dapat diidentifikasi beberapa pokok permasalahan,diantaranya :
1.      Kurangnya minat pelajar dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.
2.      Seiring bermunculannya budaya baru  atau melekatnya kebudayaan sejak kecil, penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar  dikalangan pelajar tidak digunakan.
3.      Rendahnya pemahaman di kalangan pelajar tentang  penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.

B.  RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan analisis situasi diatas,dirumuskan permasalahan dalam karya ilmiah ini,sebagai berikut :
1.      Apakah pengaruh penggunaan Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia dikalangan pelajar ?
2.      Mengapa para pelajar lebih menyukai Bahasa Gaul daripada menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar ?

C.    TUJUAN PENULISAN

Berdasarkan rumusan masalah diatas,Karya Ilmiah ini mempunyai beberapa tujuan :
1.      Ingin mengetahui pengaruh penggunaan Bahasa Gaul terhadap Bahasa Indonesia dikalangan pelajar.
2.      Ingin mengetahui alasan para pelajar lebih menyukai Bahasa Gaul daripada menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

D.    MANFAAT PENULISAN

1.      Menambah pengetahuan yang berhubungan dengan Penggunaan BahasaIndonesia dengan Baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Bagi penulis,karya ilmiah ini dijadikn bahan presentasi dalam pelajaran bahasa Indonesia.
3.      Dapat memberi informasi dan dapat membantu menumbuhkan rasa solidaritas dan cinta terhadap bahasa Indonesia. Dengan demikian, bahasa kita tercinta ini yaitu bahasa Indonesia tetap utuh dan jaya selamanya.


E.     LANDASAN TEORI

Bahasa adalah suatu sistem lanuang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerja sama. berkornunikasi, dan mengindenfikasi diri (Chaer, 2000:1). Menurut pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa bahasa adalah berupa bunyi yang digunakan oleh rnasyarakat untuk berkornunikasi.
Keraf (1991:1) mengatakan bahwa bahasa mencakup dua bidang, yaitu bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap berupa arus bunyi, yang mempunyai makna. Menerangkan bahwa bahasa sebagai alat komunikasi antaranggota masyarakat terdiri atas dua bagian utama yaitu bentuk (arus ujaran) dan makna (isi). Menurut pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap yang merupakan alat komunikasi antaranggota masyarakat berupa bentuk dan makna.
Ramlan (1985:21) mengatakan morfologi adalah bagian dari tata ilmu bahasa yang membicarakan atau yang mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Berdasarkan pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan-perubahan bentuk kata itu.
a. Contoh bahasa gaul dan bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia  dan  Bahasa Gaul Remaja
Teman
Temen
Tidak
Kagak
Memang
Emang







b. Struktur Bahasa Gaul yang digunakan ketua HMI.

Ragam bahasa gaul remaja memiliki ciri khusus, singkat, lincah dan kreatif. Kata-kata yang digunakan cenderung pendek, sementara kata yang agak panjang akan diperpendek melalui proses morfologi atau menggantinya dengan kata yang lebih pendek seperti “memang – emang”.
Kalimat-kalimat yang digunakan kebanyakan berstruktur kalimat tunggal. Bentuk-bentuk elip juga banyak digunakan untuk membuat susunan kalimat menjadi lebih pendek sehingga seringkali dijumpai kalimat-kalimat yang tidak lengkap. Dengan menggunakan struktur yang pendek, pengungkapan makna menjadi lebih cepat yang sering membuat pendengar yang bukan penutur asli bahasa Indonesia mengalami kesulitan untuk memahaminya. (Nyoman Riasa)


1) Pengunaan awalan e

Kata emang itu bentukan dari kata memang yang disispi bunyi e. Disini jelas terjadi pemendekan kata berupa mengilangkan huruf depan (m). Sehingga terjadi perbedaan saat melafalkan kata tersebut dan merancu dari kata aslinya.

2) Kombinasi k, a, g

Kata kagak bentukan dari kata tidak yang bunyinya tid diganti kag. Huruf konsonan pada kata pertama diganti dengan k huruf vocal i diganti a. Huruf konsonan kedua diganti g. sehingga kata tidak menjadi kagak.

3) Sisipan e

Kata temen merupakan bentukan dari kata teman yang huruf vocal a menjadi e. Hal ini mengakibatkan terjadinya perbedaan pelafalan.



BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
1.1     Pengaruh penggunaan Bahasa Gaul terhadap penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dikalangan pelajar.
 Bahasa Gaul adalah Bahasa non resmi yang digunakan oleh kalangan tertentu ,sifatnya sementara,bahasa gaul digunakan untuk menyampaikan hal-hal yang dianggap tertutup bagi kelmpok usia lainagar pihak lain tidak mengetahui apa yang sedang di bicarakan.Banyak diantara kalangan pelajar menggunakan bahasa Gaul dan sering menyingkat kata-kata dalam kehidupan sehari-hari.Hal tersebut membuat Peranan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar sedikit terganggu.Pasalnya,Banyak pelajar dimasa sekarang mengikuti jaman yang semakin bekembang baik dari segi budaya dan perilaku . Para responden mengakui bahwa penggunaan bahasa gaul hanya digunakan oleh teman-teman sebayanya,dan orang-orang disekitar yang sering menggunakan  bahasa gaul saat berbicara.Para responden hanya menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dengan orang yang lebih tua.Pengaruh Bahasa Gaul terhadap tatanan bahasa Indonesia adalah perkembangan jaman modernisasi ,dimana segala hal yang ada dikalangan pelajar yang selalu ter up-to date. Tren penggunaan bahasa gaul yang diilhami dari pelaku tokoh masyarakat misalnya artis.Salah satunya adalah penggunaan bahasa Indonesia yang di campur dengan bahasa inggris yang bertujuan agar seseorang dianggap modern.Maraknya penggunaan bahasa gaul dalam pesan singkat,hal ini secara tidak langsung mempengaruhi penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dikalangan pelajar.

2.1 Alasan para pelajar lebih menyukai Bahasa Gaul daripada Bahasa Indonesia
 Menurut para responden,alasan para pelajar lebih menyukai Bahasa gaul daripada Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :
·         Karena dengan bahasa gaul bisa lebih akrab,tapi hanya untuk seumuran saja.
·         Karena responden merasa lebih nyaman menggunakan  bahasa tersebut, bahasa gaul lebih santai,banyak orang menggunakan bahasa gaul saat berbicara ,serta lebih efektif untuk SMS.
·         Supaya tidak monoton dan lebih efektif.
·         Karena lebih efisien untuk berbicara .
·         Penggunaan Bahasa Gaul lebih cepat dan lebih santai .
·         Hanya ikut-ikutan saja.
·         Supaya lebih terlihat Gaul dan modern.
·         Bahasanya simple ,mudah ,dan tidak terlalu panjang.
Dampak  positif dalam penggunaan bahasa gaul yaitu responden lebih akrab dan santai dalam berbicara dengan teman sebayanya.Dampak negatifnya adalah bila bahasa gaul digunakan untuk bebicara dengan orang yang lebih tua ,akan susah dimengerti dan terkesan terburu-buru.Dampak dari bahasa gaul yang paling terlihat adalah gaya hidup, entah itu cara berpakaian, cara bertutur kata, cara belajar, aplikasi teknologi yang makin maju dan lain-lain. Gaya hidup yang mengarah pada modernisasi tersebut biasanya tampak terlihat pada kalangan masyarakat (remaja) yang berada pada jenjang pendidikan SMA sampai Perguruan Tinggi. Mereka yang ingin diakui sebagai remaja jaman sekarang yang gaul, funky, keren tidak ragu untuk menunjukkan identitas mereka melalui gaya hidup yang modern













BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Dapat kita simpulkan banyaknya kalangan remaja menggunakan bahasa gaul adakah akibat dari perkembangan zamanyang kian mengalami kamjuan baik dari dunia pendidikan sampai teknologi.
Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negeri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa Indonesia dalam pemakaiannya dalam masyarakat terutama dikalangan remaja.
Apalagi dengan maraknya dunia kalangan artis menggunakan bahasa gaul di media massa dan elektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya di kehidupan sehari-hari hal ini sudah menjadi wajar karena remaja suka meniru hal-hal yang baru.

B.     SARAN
a)      Sebaiknya penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dikalangan pelajar digunakan secara intensif,karena Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Nasional yang artinya  bahasa tersebut merupakan bahasa pengantar sehari-hari.
b)      Seharusnya para orangtua mengajarkan pada anak-anaknya sejak dini,sehingga anak lebih memahami penggunaan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.


DAFTAR PUSTAKA

Keraf,Gorys.2005.Terampil Berbahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.
http://pelitaku.sabda.org/bahasa_yang_baik_dan_benar
http://www.anneahira.com/bahasa-indonesia.htm




5 komentar:

amy ahmad mengatakan...

thanks ya atas infonya

fitri ayu... mengatakan...

Iya..sama-sama,:P
terimakasih sudah mampir diblog saya ..

Tolee SangpengejarMimpi mengatakan...

tidak ada salahnya kita menggunakan bahasa gaul
tp alangkah baiknya kita sebagai generasi penerus bangsa menggunaka bahasa yang baik agar tidak menjadi bahasa "Ge'Oge" (Bahasa Madura)

bege mengatakan...

terimakasih..
ijin copy

bege mengatakan...

salam kenal juga.. aku danu, dulu juga sekolah di SMAN 1 KALASAN..

Poskan Komentar